Pelayanan di Instalasi Gizi RS Pratama Yogyakarta meliputi:

  1. Pelayanan Gizi Rawat Jalan

Pelayanan gizi di rawat jalan meliputi kegiatan konseling individual oleh ahli gizi yang dilaksanakan di unit rawat jalan atau dapat pula difokuskan pada satu tempat tertentu dalam bentuk pelayanan penyuluhan berkelompok, seperti pemberian edukasi di kelompok pasien diabetes, ibu hamil dan menyusui, pasien jantung koroner, dll.

  1. Pelayanan Gizi Rawat Inap

Pelayanan gizi di rawat inap dilakukan pada pasien rawat inap dari pasien masuk hingga pasien dinyatakan pulang. Kegiatan ini lebih banyak dilakukan oleh ahli gizi berkolaborasi dengan profesi lain.

  1. Penyelenggaraan Makanan

Penyelenggaraan makanan rumah sakit merupakan rangkaian kegiatan mulai dari perencanaan menu, perencanaan kebutuhan bahan makanan, perencanaan anggaran belanja, pengadaan bahan makanan, penerimaan dan penyimpanan, pemasakan bahan makanan dengan kaidah penyelenggaraan keamanan pangan dan pengolahan makanan yang benar, distribusi dan pencatatan, pelaporan serta evaluasi.

Penyelenggaraan makanan untuk pasien di RS Pratama Yogyakarta dilakukan reguler sesuai kebutuhan pasien dengan 3 kali pengolahan dalam sehari. Pelayanan makanan ini juga merupakan salah satu bagian penting dalam menunjang kesehatan pasien. Oleh karena itu RS Pratama Yogyakarta menyediakan makanan dengan sesuai diagnosa pasien.

  1. Pelayanan Gizi Masyarakat

Berupa penyuluhan gizi di ruang tunggu rawat jalan dan di rawat inap.

  1. Penelitian dan Pengembangan Gizi

Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan gizi rumah sakit. Kegiatan ini lebih banyak difokuskan pada lingkup unit pelayanan gizi seperti teknologi, penyederhanaan, cara kerja, serta penilaian hasil kerja yang dicapai.