Senam Diabetes Melitus Dalam Memperingati Hari Gizi dan Makanan

Pada hari Jumat, 24 Januari 2020, Tim Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) UPT RS Pratama Kota Yogyakarta memprakarsai Senam Diabetes Melitus (DM) untuk memperingati Hari Gizi dan Makanan yang jatuh pada tanggal 25 Januari 2020.

Kegiatan ini terbuka bagi masyarakat umum yang peduli akan pencegahan DM, ataupun bagi masyarakat yang mempunyai faktor risiko terserang DM dan masyarakat yg menderita DM .

Kegiatan senam tersebut dimulai pada pukul 09.00 WIB di Aula UPT Rumah Sakit Pratama Kota Yogyakarta. Kegiatan diawali dengan absensi peserta. Berdasarkan data absensi tersebut, terlihat jumlah peserta senam sekitar 52 orang yang terdiri dari warga sekitar Rumah Sakit, mayoritas warga dari wilayah Karanganyar, Kel. Brontokusuman, Kec. Mergangsan, Yogyakarta.

Pada kesempatan itu selain dilakukan senam bagi penderita DM juga dilakukan penyuluhan kesehatan seperti pemeriksaan fisik tinggi badan, berat badan, tekanan darah dan konsultasi gizi. Tenaga kesehatan yang ditugaskan khususnya dari Instalasi Gizi UPT RS Pratama Kota Yogyakarta siap melayani konsultasi gizi seputar diet penderita DM dan tidak menutup kemungkinan konsultasi lainnya yang berhubungan dengan Nutrisi dan Kesehatan.

Peserta terlihat antusias saat mengikuti senam yang dimulai pada pukul 09.30 WIB yang dipimpin oleh Bapak Slamet sebagai instruktur senam. Peserta yang didominasi ibu-ibu cukup bersemangat mengikuti hingga senam selesai.

Direncanakan kegiatan senam DM akan rutin dilaksanakan pada minggu ke 3 setiap bulannya. Dengan senam DM diharapkan terjaganya kebugaran tubuh, memperbaiki berat badan dan memperbaiki sensitivitas insulin sehingga dapat memperbaiki kadar gula dalam darah. Salam sehat dari Tim PKRS UPT RS Pratama Kota Yogyakarta.